PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK DANKE BAGS
Abstract
Meningkatnya perkembangan bisnis fashion di Indonesia dari tahun ke
tahun membuat pelaku bisnis dituntut untuk menjaga keunggulan dalam bersaing
agar dapat mempertahankan bisnis di tengah banyaknya kompetitor yang terus
bermunculan. Khususnya pada penelitian ini adalah bisnis Danke Bags yang
bergerak dibidang fashion khususnya tas handmande. Danke Bags berditi pada
tahun 2018. Terdapat fenomena ketidakcapaian target penjualan yang cenderung
menurun melalui social media Instagram dan hasil pra survei pada penelitian yang
menunjukan bahwa social media marketing, kualitas produk, dan harga merupakan
variabel yang mempengaruhi minat beli. Maka, untuk mengetahui dan
menganalisis lebih dalam, penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh social
media marketing, kualitas produk, dan harga terhadap minat beli konsumen pada
produk Danke Bags. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kuantitatif, dengan sampel penelitian sebanyak 80 responen yang dihitung dengan
menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan
kuesioner secara online lalu dilakukan uji hipotesis dan uji statistik. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa social media marketing, kualitas produk, dan
harga merupakan variabel yang mempengaruhi minat beli.