PENGARUH GAYA HIDUP DAN PERSEPSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO CONTER JEANS SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh gaya hidup dan persepsi terhadap keputusan pembelian di toko Conter Jeans Surabaya.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diisi oleh 86 responden dari populasi yang telah ditentukan.
Jenis penelitian ini adalah kausal komparatif. Metode pemilihan sampel ini yaitu dengan non probability sampling, yaitu convenience sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah gaya hidup sebagai (X1) dan persepsi sebagai (X2) sedangkan keputusan pembelian (Y) sebagai variabel terikat.
Analisis yang dilakukan dengan regresi linier berganda, yang diawali dengan adanya hipotesis dan diuji menggunakan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh gaya hidup dan persepsi secara simultan terhadap keputusan pembelian di toko Conter Jeans Surabaya. Variabel gaya hidup (X1) dan persepsi (X2) juga memiliki pengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian (Y) di toko Conter Jeans Surabaya. Variabel bebas yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap variabel terikat adalah persepsi.
Kontribusi variabel bebas (gaya hidup dan persepsi) terhadap variabel terikat (keputusan pembelian) sebesar 42,9%.