PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN RUMAH MAKAN SULAWESI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel kualitas layanan (X1) dan kualitas produk (X2) terhadap kepuasan konsumen Rumah Makan Sulawesi (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Rumah Makan Sulawesi. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 97 responden dengan menggunakan metode pengambilan sampel non probabilitas yaitu Sampling Purposive.
Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan SPSS 17.0 dengan melakukan uji validitas dan uji reliabilitas terhadap setiap pernyataan yang diajukan sebelum melakukan pengujian analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas layanan (X1) dan kualitas produk (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen Rumah Makan Sulawesi (Y). Variabel kualitas produk (X2) lebih dominan kepuasan konsumen dengan nilai 5,036 dan nilai signifikan 0,000 (<0,005). Secara simultan kualitas layanan (X1), kualitas produk (X2) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) dengan nilai signifikansi 0,000 (<0,005).