PENGARUH BIAYA ADVERTENSI DAN BIAYA PENJUALAN TERHADAP TINGKAT PENJUALAN PERUSAHAAN INDO MITRA MEGA MANDIRI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan dan pengaruh biaya advertensi dan biaya penjualan terhadap tingkat penjualan perusahaan Indo Mitra Mega Mandiri. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah data keuangan perusahaan Indo Mitra Mega Mandiri. Sampel penelitian dalam penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan selama 22 bulan sejak Januari 2011 hingga Oktober 2012 yang meliputi data omset penjualan dan biaya pemasaran yang meliputi biaya advertensi dan biaya penjualan.
Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah biaya advertensi dan biaya penjualan, sedangkan variabel terikatnya adalah tingkat penjualan yang diukur berdasarkan omset penjualan yang diperoleh perusahaan. Biaya advertensi yang dimaksud dalam penelitian ini adalah biaya stan untuk promosi atau pameran dan biaya contoh produk. Biaya penjualan yang dimaksud adalah biaya transportasi penjualan dan gaji dan komisi wiraniaga penjualan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa biaya advertensi dan biaya penjualan berpengaruh signifikan dan positif terhadap tingkat penjualan perusahaan Indo Mitra Mega Mandiri. Besarnya pengaruh kegiatan advertensi dan kegiatan penjualan, yang diukur melalui biayanya, terhadap biaya tingkat penjualan adalah 94,4%. Sisanya sebesar 5,6% adalah variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Implikasi dari penelitian ini adalah meningkatkan kegiatan advertensi dan menggunakan wiraniaga yang kompeten untuk meningkatkan penjualan perusahaan. Penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan advertensi dan penggunaan wiraniaga yang berkompeten berpengaruh positif terhadap tingkat penjualan perusahaan, termasuk usaha mikro yang masih berada tahap start-up business seperti Indo Mitra Mega Mandiri.