Pengaruh Kalitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Aneka Karya Vera
Abstract
Dewasa ini, industri minuman ringan di Indonesia mengalami
perkembangan yang cukup signifikan. Hal ini menuntut Aneka Karya Vera untuk
terus meningkatkan strategi yang handal sehingga membentuk brand serta
kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas
produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen Aneka Karya Vera.
Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Aneka Karya Vera yang
berusia 18 – 60 tahun dan pernah melakukan pembelian minimal 2 kali pada
periode bulan Mei sampai dengan Agustus 2013 yang berjumlah 120 orang.
Sedangkan sampel yang diambil hanya sebanyak 93 dimana sampel diambil
menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik analisis data yang digunakan
adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk memiliki pengaruh
secara parsial terhadap kepuasan konsumen Aneka Karya Vera. Demikian halnya
untuk kualitas layanan yang juga memiliki pengaruh secara parsial terhadap
kepuasan konsumen. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kualitas
produk dan kualitas layanan berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan
konsumen Aneka Karya Vera