PENGARUH ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ASTYLE DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI
Abstract
Hal penting yang perlu dilakukan dan diperhatikan oleh setiap perusahaan
adalah menciptakan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama dengan
cara selalu aktif dalam melakukan promosi produk salah satunya dengan
advertising. Sebagian besar perusahaan mengandalkan dan menggunakan
advertising guna memperbesar peluang agar produk lebih dikenal secara luas
sehingga dapat menciptakan sebuah brand awareness. Tujuan dilakukannya
penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh advertising terhadap keputusan
pembelian produk ASTYLE dengan brand awareness sebagai variabel mediasi.
Penelitian ini terdapat variabel bebas (Advertising), variabel terikat (Keputusan
Pembelian) dan variabel mediasi (Brand Awareness). Penelitian dilakukan dengan
mengambil sampel 52 orang yang sudah pernah membeli produk ASTYLE. Metode
pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara penyebaran kuisioner.
Penyebaran kuesioner dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner secara
langsung dengan teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling.
Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (Path
Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa advertising berpengaruh signifikan
terhadap brand awareness produk ASTYLE, advertising berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian produk ASTYLE dan brand awareness berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian produk ASTYLE.
