PERENCANAAN LABA DENGAN PENDEKATAN ANALISIS COST VOLUME PROFIT PADA PERUSAHAAN DREAM DI SURABAYA
Abstract
Rangkaian bunga adalah salah satu produk yang dibutuhkan oleh banyak orang, dari remaja, dewasa, kalangan professional, bahkan perusahaan besar membutuhkan rangkaian bunga sebagai bentuk ungkapan kasih dan rasa terima kasih kepada orang-orang yang dikasihi. Salah satu perusahaan yang menyediakan bunga rangkaian di Surabaya adalah Dream Florist.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui klasifikasi biaya, Break Event Point (BEP), Contribution Margin (CM), Margin of Safety (MOS), proyeksi laba tahun 2014, dan strategi pemasaran untuk mencapai laba yang optimal. Objek dari penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan Dream dari bulan Januari 2012 sampai September 2013. Pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka, dokumentasi laporan keuangan, observasi dan wawancara pada pemasok, pesaing, dan pembeli perusahaan Dream. Metode analisis yang digunakan adalah analisis Cost Volume Profit dibantu dengan analisis peramalan laba dengan metode Time Series Least Squares, dan analisis marketing mix services sebagai strategi untuk mencapai laba optimal.
Hasil dari analisis ini menunjukkan bahwa nilai BEP, CM, MoS tertinggi adalah pada bulan Maret 2013, sedangan BEP terendah pada bulan Agustus 2012, CM terendah pada bulan Februari 2012, Agustus 2012, dan Desember 2012, dan MoS terendah adalah pada bulan Januari 2012. Dari hasil peramalan laba diketahui untuk memperoleh laba yang optimal dibutuhkan peningkatan 43,28% dari laba pada tahun sebelumnya. Kebijakan manajemen Dream untuk meningkatkan kinerja pemasaran melalui peningkatan usaha-usaha dan implementasi strategi marketing mix services memberikan masukan dan pengetahuan bagi perusahaan untuk mencapai laba optimal. Hasil implikasi strategi juga dilakukan untuk menjadi evaluasi bagi perusahaan di masa datang.