PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI PRODUK KACA PADA PT. INDONESIA GLASS UTAMA
Abstract
Indonesia adalah negara berkembang yang sedang aktif melakukan pembangunan
khususnya di bidang infrastuktur, oleh karena itu dibutuhkan banyak sekali jenis produk kaca
untuk mendukung proses pembangunan negara. Melihat perkembangan bisnis konstruksi (kaca)
yang meningkat secara signifikan di Indonesia, mendorong keluarga dari penulis tertarik untuk
berkecimpung dalam bisnis distribusi / impor kaca dengan mendirikan perusahaan keluarga
bernama PT Indonesia Glass Utama. Peneliti menyebarkan pra survey kepada 12 calon
konsumen B2B (perusahaan), dan didapatkan hasil bahwa harga dan kualitas produk menjadi
faktor utamayang mendasari minat beli.pada PT. Indonesia Glass Utama, hal tersebut yang
menjadi latar belakang dari penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh dari kualitas produk terhadap minat beli produk kaca pada PT Indonesia Glass Utama
serta mengetahui pengaruh harga terhadap minat pembelian produk kaca pada PT Indonesia
Glass Utama. Variabel yang diteliti pada penelitian ini adalah: variabel independen yaitu Harga
(X1) dan Kualitas Produk (X2), serta variabel dependennya yaitu Minat Beli (Y). Populasi yang
digunakan pada penelitian ini yaitu perusahaan yang berpotensi menjadi konsumen untuk
membeli produk kaca di PT Indonesia Glass Utama , dari sampel tersebut diambil sampel dengan
menggunakan teknik sampling jenuh sehingga jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 41
responden . Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan data dianalisis secara
kuantitatif dengan SPSS 23. Berdasarkan hasil penelitian data menunjukan bahwa harga (X1)
tidak berpengaruh terhadap minat beli sehingga hipotesis awal ditolak dan Kualitas Produk (X2)
berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat beli (Y) produk kaca pada PT Indonesia Glass
Utama, sehingga hipotesis awal diterima.