PENGARUH ELEMEN PACKAGING TERHADAP PEMBENTUKAN BRAND PERSONALITY PADA SEKOTENG AROMA PREMIUM
Abstract
Adanya tren gaya hidup sehat memicu terjadinya pergeseran perilaku
konsumen untuk mengonsumsi produk yang sehat dan berbahan dasar alami.
Beberapa perusahaan di Indonesia mulai memberikan kontribusi bagi tren gaya
hidup sehat, salah satunya yaitu UD Maju Jaya, dengan memproduksi produk
berupa sekoteng instan bermerek AROMA premium. Permasalahan terjadi pada
saat perusahaan mengalami penurunan penjualan sebesar 93,4% pada tahun 2017
di saluran distribusi pasar tradisional dan 39,4% di saluran distribusi modern
dikarenakan produk sekoteng AROMA premium tidak menunjukkan ciri-ciri
elemen kemasan yang dapat menarik konsumen untuk membeli karena seharusnya
brand personality pada kemasan produk membuat konsumen memiliki ikatan
pikiran dan perasaan atas suatu produk dari merek tersebut. Oleh karena itu,
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh elemen packaging rerhadap
brand personality pada sekoteng AROMA premium. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan
menyebar kuesioner menggunakan teknik purposive sampling dengan syarat
konsumen populasi dari business-to-business yang sudah membeli dan
mengkonsumsi produk sekoteng AROMA premium. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa secara signifikan variabel functionality packaging dan
packaging saleability mempunyai kecenderungan untuk mempengaruhi brand
personality.
