PENGHARUH KUALITAS LAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TOKO DE BALI
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh dari faktor Layanan (X1) dan
Produk (X2), terhadap variabel terikat yaitu Kepuasan pelanggan De Bali. Penelitian ini menggunakan
metode kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
Eksplanatori. Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam
penelitian ini adalah seluruh pelanggan akhir yang pernah melakukan transaksi pembelian di de bali
selama periode Januari 2012 - Desember 2012 dengan kriteria populasi yaitu Pelanggan yang
tergolong member dan Member yang melakukan pembelian ulang maksimal 3 kali dalam 1 bulan
sebanyak 114 orang. Sampel yang diambil adalah sebanyak 89 sampel. Teknik sampling dalam
penelitian ini adalah probability sampling, dan penelitian ini menggunakan analisis regresi linier
berganda. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang didapatkan melalui penyebaran
kuisioner langsung pada responden. Pertanyaan kuisioner merupakan pertanyaan tertutup dengan lima
butir skala jawaban. Hasil pengolahan SPSS diperoleh persamaan regresi linier berganda diketahui
adanya nilai beta positif. Yang berarti variabel bebas (X1 dan X2) berpengaruh positif terhadap
variabel terikat (Y). sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel layanan dan produk signifikan
terhadap kepuasan pelanggan De Bali. Keunggulan penelitian ini adalah, penelitian ini menliti objek
UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) yang masih jarang dilakukan.