EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL BERBASIS PHOTO AND VIDEO SHARING TERHADAP MINAT PEMBELIAN SECARA ONLINE
Abstract
Pengguna internet di Indonesia per Januari 2016 telah mencapai angka
88,1 juta orang dan 79 juta diantaranya aktif dalam menggunakan media sosial.
Tingginya fenomena penggunaaan media sosial yang dinilai cukup efektif untuk
digunakan sebagai media promosi dan penjualan, dimanfaatkan oleh para pemasar
dalam mengembangkan bisnisnya melalui marketing secara online di media sosial
salah satunya adalah Instagram. Instagram menjadi salah satu media sosial favorit
yang dapat membantu perusahaan untuk mempermudah bisnis produk dan jasa
mereka. Melalui Instagram, pelaku bisnis dapat berinteraksi dengan konsumen
melalui foto dan video yang dibagikan. Bagi sebagian orang, pembelian secara
online, salah satunya melalui media sosial Instagram dianggap lebih efektif dan
efisien sehingga dapat menimbulkan minat pembelian secara online. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemasaran media sosial Instagram
dapat mempengaruhi minat pembelian secara online dengan melalui variabel
mediasi brand consciousness, value consciousness dan price consciousness.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode
pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diukur dengan skala Likert.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemasaran media sosial Instagram
dapat menimbulkan minat pembelian secara online tanpa perlu melalui variabel
mediasi brand consciousness, value consciousness dan price consciousness.