PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DE BALI
Abstract
Penelitian ini berjudul Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Loyalitas
Pelanggan De Bali. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh
dari faktor promosi (X1) dan harga (X2), terhadap variabel terikat yaitu loyalitas
pelanggan De Bali. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian Eksplanatori. Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif.
Populasi dalam penelitian adalah member dari De Bali yang sebanyak 158.
Sampel yang diambil adalah sebanyak 114 sampel. Teknik sampling dalam
penelitian ini adalah purposive sampling (non-probability sampling), dan
penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Sumber data yang
digunakan adalah data primer yang didapatkan melalui penyebaran kuisioner
langsung pada responden. Pertanyaan kuisioner merupakan pertanyaan tertutup
dengan lima butir skala jawaban. Hasil dari kuisioner kemudian direkap dengan
menggunakan Microsoft Excel dan diolah menggunakan program SPSS 20.0.
Hasil pengolahan SPSS diperoleh persamaan regresi linier berganda diketahui
adanya nilai beta positif. Nilai beta positif (β1 = 0.291, β2 = 0.337) berarti variabel
bebas (X1 dan X2) berpengaruh positif terhadap variabel terikat. Sehingga dapat
ditarik kesimpulan bahwa variabel promosi dan harga secara simultan dan parsial
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan De Bali.