Show simple item record

dc.contributor.authorStefanie, Natalia
dc.date.accessioned2022-04-20T04:12:57Z
dc.date.available2022-04-20T04:12:57Z
dc.date.issued2010
dc.identifier.urihttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/4930
dc.description.abstractHotel X adalah salah satu hotel bintang lima di Surabaya dengan tujuan memberikan service sebaik mungkin terhadap para tamu di samping menciptakan suasana kerja yang positif. Munculnya banyak hotel baru menuntut Hotel X untuk meningkatkan kinerjanya agar dapat bersaing, padahal kondisi dan minat pasar telah berubah apalagi terjadi pergantian Manager di Lobby Lounge Hotel X Surabaya. Dalam situasi yang penuh persaingan seperti saat ini, laporan keuangan tidak mampu dijadikan tolok ukur kinerja baik buruknya kinerja perusahaan. Oleh karena itu dituntut adanya pengukuran kinerja yang kompleks yang mencakup seluruh aspek perusahaan. Metode pengukuran kinerja yang digunakan adalah Balanced Scorecard (BSC). Metode lain yang digunakan untuk menunjang pengukuran kinerja yaitu metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Metode AHP ini digunakan untuk menentukan bobot dari masing-masing perspektif serta bobot dari tolok ukur yang digunakan. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh visi, misi dan tolok ukur yang digunakan serta target yang ingin dicapai perusahaan. Tolok ukur dari perspektif finansial adalah Revenue, Revenue from New Products dan Sales Growth. Tolok ukur perspektif pelanggan adalah Customer Acquisition, Customer Retention, Number of Complaints serta Customer Satisfaction. Tolok ukur dari perspektif proses bisnis internal adalah Defect/Spoil Items, On-time Delivery, New Products Introduced serta Time to Market New Products. Tolok ukur perspektif pertumbuhan dan pembelajaran adalah Employee Turnover, Absenteeism, Training Hours dan Employee Satisfaction. Berdasarkan pengukuran kinerja dengan menggunakan metode Balanced Scorecard diperoleh bahwa pengukuran kinerja secara keseluruhan pada Departemen Lobby Lounge Hotel X Surabaya periode Januari-April 2010 adalah 101,28%.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Ciputra Surabayaen_US
dc.subjectBalanced Scorecarden_US
dc.subjectpengukuran kinerjaen_US
dc.subjectAnalytical Hierarchy Process (AHP)en_US
dc.titlePENGUKURAN KINERJA MENGGUNAKAN BALANCED SCORECARD PADA DEPARTEMEN LOBBY LOUNGE HOTEL X DI SURABAYAen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidn0709117803
dc.identifier.kodeprodi93205
dc.identifier.nim10206030
dc.identifier.dosenpembimbingMichael Ricky Sondak


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record