| dc.contributor.author | Putra Sutejo, Adi | |
| dc.date.accessioned | 2022-04-20T08:56:18Z | |
| dc.date.available | 2022-04-20T08:56:18Z | |
| dc.date.issued | 2011 | |
| dc.identifier.uri | http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/4934 | |
| dc.description | This research is closely related to cost management. Cost in a company’s
perspective, has something to do with profit; thus, it is necessary to evaluate the
effectiveness of the cost used. The purpose of this research is to analyze the
effects of marketing cost, which focus on advertising and sales promotion cost.
Company which becomes object to this research is De Canteen. Secondary data in
this research is advertising and sales promotion cost data, and also sales revenue
data with completed financial statements for 11 months, from February 2010 to
December 2010. Analysis method in this research is linear regression, test t, test F
and coefficient determinant with the help from SPSS. This research has passed
through classic assumption test and the result is distributed as normal, it doesn’t
consist of multicollinearity, autocorrelation and heteroskesdastisity.
Based on linear regression, the conclusion is (1) coefficient determinant
value is 0,86 which means advertising cost and sales promotion cost represent
86% of sales, and the remaining rest 14% is influenced by other factors. Based on
test F, the significance of F value is 0,000 which was smaller than 0,05. This
proved that there was a significant effect between simultaneous advertising cost
and sales promotion and De Canteen’s sales. (2) In 0,05 significance value,
advertising cost significance value in test t has 0,136 value which proved there
was no significant effect between advertising cost and sales of De Canteen. (3)
Sales promotion cost proved to have effect on the sales of De Canteen, according
to test t with 0,014 significance value which was smaller than 0,05. | en_US |
| dc.description.abstract | Penelitian ini memiliki hubungan yang erat dengan pengelolaan biaya.
Biaya dalam konteks perusahaan, memiliki hubungan dengan jumlah keuntungan,
sehingga perlu dilakukan evaluasi terhadap efektifitas dari biaya-biaya yang sduah
dikeluarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari
biaya pemasaran yang difokuskan pada biaya advertensi dan promosi penjualan,
terhadap penjualan dari perusahaan. Perusahaan yang dijadikan objek penelitian
adalah perusahaan De Canteen. Data sekunder yang digunakan pada penelitian ini
adalah data biaya advertensi, biaya promosi penjualan serta data penjualan
lengkap dengan laporan keuangan selama 11 bulan terhitung sejak Februari 2010
sampai dengan Desember 2010. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian
ini adalah analisi regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi
dengan bantuan SPSS. Penelitian ini telah melewati uji asumsi klasik dan
terdeteksi berdistribusi normal, serta tidak terdapat multikolinieritas, auto korelasi
maupun heteroskesdastisitas.
Berdasarkan pada analisis regresi linier berganda, diperoleh kesimpulan
(1) Koefisien Determinasi sebesar 0,86 yang berarti, biaya advertensi dan biaya
promosi penjualan menjelaskan penjualan sebesar 86% dan sisanya sebesar 14%
dipengaruhi oleh faktor lain diluar model. Berdasarkan uji F, diketahui tingkat
signifikansi F sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 sehingga terbukti adanya
pengaruh biaya advertensi dan biaya promosi penjualan secara simultan terhadap
penjualan perusahaan De Canteen. (2) Pada tingkat signifikansi 0,05, nilai
signifikansi biaya advertensi pada uji t yang sebesar 0,136 membuktikan tidak ada
pengaruh biaya advertensi yang signifikan terhadap penjualan De Canteen. (3)
Biaya promosi penjualan terbukti memiliki pengaruh terhadap penjualan pada
perusahaan De Canteen, terbukti dari perhitungan uji t dengan nilai signifikansi
sebesar 0,014 yang lebih kecil dari 0,05. | en_US |
| dc.language.iso | id | en_US |
| dc.publisher | Universitas Ciputra Surabaya | en_US |
| dc.subject | Promosi Penjualan dan Penjualan | en_US |
| dc.subject | Advertensi | en_US |
| dc.subject | Advertising | en_US |
| dc.subject | Sales Promotion and Sales | en_US |
| dc.title | PENGARUH BIAYA ADVERTENSI DAN BIAYA PROMOSI PENJUALAN TERHADAP PENJUALAN PADA USAHA RUMAH MAKAN DE CANTEEN DI SURABAYA | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| dc.identifier.nidn | 0721127405 | |
| dc.identifier.kodeprodi | 61201 | |
| dc.identifier.nim | 10107101 | |
| dc.identifier.dosenpembimbing | TOMMY CHRISTIAN EFRATA | |