PERSEPSI PRODUK DAN BRAND TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK INSTACAKE
Abstract
Bisnis kecil di bidang kuliner sudah sangat berkembang sehingga terlalu banyak
pesaing yang harus diatasi. Bisnis InstaCAKE telah memiliki konsep yang unik
dalam mengatasi masalah pesaing, tetapi owner dari InstaCAKE sendiri merasa
bahwa tingkat penjualan produk masih kurang maksimal. Maka dari itu, diteliti
mengenai beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian dari bisnis
InstaCAKE dan yang kali ini akan diteliti adalah mengenai persepsi konsumen
terhadap produk dan brand. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan
bahwa persepsi kondumen terhadap produk dan brand benar berpengaruh terhadap
keputusan pembelian. Penelitian ini terditi dari tiga variabel, yaitu: Persepsi
konsumen terhadap produk (X1), persepsi konsumen terhadap brand (X2), dan
keputussan pembelian (Y). Metode penelitian ini adalah dengan menggunakan
metode kuantitatif yang menggunakan teknik simple random sampling yang
melibatkan sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis pada penelitian ini
menggunakan pengujian linier berganda dimana didalamnya terdapat pengujian
hipotesis dan juga uji asumsi klasik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan
perumusan masalah dan hipotesis yang dibuat terbukti benar bahwa persepsi
konsumen terhadap produk dan brand sangat berpengaruh atau berpengaruh secara
signifikan terhadap keputusan pembelian dari produk InstaCAKE.