PETITE SUCRE
Abstract
Salah satu kebutuhan primer yang harus dipenuhi oleh setiap manusia adalah
kebutuhan pangan. Hal ini juga ditunjang dengan banyaknya pertumbuhan
industri makanan yang terus berkembang dari tahun ke tahun. Oleh karena itu,
Petite Sucre turut mendukung pengembangan industri tersebut dengan
memproduksi makanan penutup yang berupa Pie dan Pannacotta. Makanan ini
merupakan makanan yang sehat dan terjamin kualitasnya sehingga dapat
dikonsumsi oleh hampir semua kalangan usia. Perancangan bisnis ini ditulis untuk
mendeskripsikan rencana secara rinci dalam membangun bisnis online Petite
Sucre. Petite Sucre merupakan sebuah bisnis home-industry yang menjual
produknya secara online melalui media sosial berupa Instagram. Pelanggan akan
melihat produk, membeli produk serta melakukan pembayaran melalui sistem
online. Produk yang dijual oleh Petite Sucre berupa Pie dan Pannacotta dengan
berbagai varian rasa yang unik dan menarik. Sistem ini memberikan banyak
kemudahan bagi pelanggan karena cepat dan efisien sehingga pelanggan yang
tidak mempunyai banyak waktu dapat juga berbelanja melalui sistem online tanpa
harus pergi ke sebuah toko roti dimana membutuhkan lebih banyak waktu.
Dengan investasi awal sebesar Rp. 189.543.135, perkiraan waktu yang dibutuhkan
untuk mendapatkan kembali biaya yang dikeluarkan pada saat investasi asal
adalah satu tahun dua bulan setelah operasional. Perancangan bisnis ini berisi
tentang deskripsi dan latar belakang usaha, produk, model bisnis, industri, rencana
pemasaran dan rencana keuangan.