C’O DE CREPE
Abstract
Perkembangan bisnis kuliner di Surabaya terus meningkat dari tahun ke tahun.
Hal ini dapat dilihat bahwa persaingan bisnis semakin ketat, maka dari itu setiap
usaha yang bergerak dalam bidang kuliner harus memiliki perbedaan dengan
keunikan tersendiri dalam membuka sebuah usaha. Pengusaha akan dituntut
dengan melakukan inovasi. Inovasi yang akan dikembangkan terus mulai dari
menu hingga marketing. Bisnis yang dijalankan mencakup perencanaan konsep,
tema, menu, design café, strategi pemasaran, dan perhitungan keuangan. C’O de
Crepe merupakan jenis usaha café specialist in crepe and pancake dimana crepe
merupakan hidangan klasik Perancis. C’O de Crepe menawarkan produk crepe
gurih dan manis sebagai produk utamanya. Crepe gurih akan dibentuk menyerupai
appetizer dan main course. Crepe manis akan di bentuk menyerupai dessert. C’O
de Crepe akan berlokasi di Taman Gapura E-3 dengan luas lokasi 95m2
dengan
design interior minimalis dan moderen. Harga menu yang ditetapkan atas dasar
perhitungan biaya yang dikeluarkan untuk produksi dan biaya operasional. Harga
menu yang ditawarkan oleh C’O de Crepe juga terjangkau mulai dari Rp. 22.500
hingga Rp. 52.000. Strategi pemasaran akan dibahas dengan menggunakan
analisis industry, business model canvas, dan bauran pemasaran (8P). C’O de
Crepe menerapkan service blueprint dapat diterapkan untuk menjalankan
operasional dengan menerapkan Standard Operating Procedure. Sumber dalam
pembuatan business plan ini diperoleh dari sumber data kuesioner, referensi buku,
dan data C’O de Crepe.. Analisis proyeksi laporan keuangan berdasarkan asumsi
target pengunjung sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Hasil analisis yang
didapatkan dari perhitungan net present value sebesar Rp. 592.147.822 pada tahun
2020 yang memiliki arti bahwa usaha C’O de Crepe layak untuk di jalankan.