EVALUASI STRATEGI BERSAING PADA ROYAL BAKKEN DI SURABAYA DENGAN MENGGUNAKAN SERVO ANALYSIS
Abstract
Persaingan dalam bidang industri makanan dan minuman yang semakin
kompetitif menuntut para pemain bisnis untuk menerapkan strategi yang tepat
untuk dapat tetap survive bahkan berkembang dan memenangkan persaingan. Hal
ini juga dialami oleh Royal Bakken yang merupakan bisnis pada bidang makanan
yaitu frozen food daging olahan babi, dimana saat ini memiliki pesaing-pesaing
yang telah lebih dulu dikenal, sehingga menuntut Royal Bakken untuk dapat
mengevaluasi kinerja saat ini untuk mengembangkan strategi yang tepat.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi saat ini apakah masih relevan
atau tidak dan mengidentifikasi pilihan-pilihan strategis yang perlu dilakukan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif.
Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara dengan
menggunakan instrument panduan wawancara. Informan yang digunakan
sebanyak 4 orang yaitu bagian CEO, Finance, Operational Royal Bakken, serta
ahli di bidang frozen food. Teknik analisis data yang digunakan adalah SERVO
Analysis. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan SERVO
Analysis, strategi bersaing yang digunakan Royal Bakken saat ini yaitu
differentiation strategy yang berfokus pada perbedaan produk dengan pesaing dan
packaging yang unik masih relevan dengan kondisi persaingan yang ada. Namun
masih ada beberapa kendala khususnya pada environment, resource, dan
organization yang menghambat Royal Bakken dalam mengembangkan bisnisnya.