LA DELIZIA
Abstract
Perkembangan dan kemajuan teknologi saat ini berkembang cukup pesat. Hal ini dapat dilihat dari hadirnya smartphone yang memudahkan orang untuk mengakses internet melalui mobile. La Delizia merupakan bisnis online yang berada di kota Surabaya yang menjual dessert dalam botol gelas. Banyaknya pesaing dalam bisnis kuliner membuat La Delizia harus mampu bersaing dengan memberikan produk yang unik ke depan masyarakat. Produk dessert yang ditawarkan La Delizia berupa cheese cake Frozen yang memiliki pilihan rasa yang menarik pada setiap adonannya dengan tambahan topping yang ditawarkan. Penyajian cheese cake La Delizia menggunakan botol gelas yang dikemas menarik sehingga produk dapat dijadikan sebagai hadiah. Visi La Delizia adalah membuat bisnis online yang memiliki brand kuat karena produk cheese cake yang ditawarkan memiliki pilihan rasa yang menarik. La Delizia menyajikan produk cheese cake yang selalu fresh dan tidak memiliki stock produk yang disimpan karena pembuatan produk cheese cake hanya sesuai dengan jumlah pemesanan dari konsumen. Produk cheese cake dijual dalam bentuk satu paket yang berisikan tiga botol gelas dengan harga Rp. 120.000 untuk setiap satu paketnya. Harga yang ditawarkan La Delizia dapat dijangkau oleh konsumen di kelas menengah ke atas. Selain itu, La Delizia memberikan jasa pengiriman gratis untuk seluruh wilayah Kota Surabaya. Pemasaran yang dilakukan La Delizia adalah melalui media sosial Instagram, blog, penyebaran brosur, BBM, LINE, word of mouth. Investasi awal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis La Delizia sebesar Rp. 281.135.822. Biaya tersebut terdiri dari biaya peralatan dapur, biaya perlengkapan dapur, biaya kantor, biaya training, biaya working capital selama enam bulan. Pada tahun 2020 diperoleh Rp. 1.724.863.243 sehingga dapat dikatakan NPV lebih besar dari nol (NPV > 0) sehingga bisnis La Delizia dapat diterima untuk dijalankan.
