PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DUMPLING-SAN
Abstract
Bisnis di bidang food and beverage sedang berkembang di Surabaya. Dumpling-San adalah perusahaan yang bergerak pada makanan dan minuman dengan produk dumpling, didirikan pada 2014. Berawal dari liburan di Taiwan, peneliti menemukan stand street food yang menjual dumpling atau yang biasa di kenal dengan dimsum dengan sistem take away. Pada proses penjualan, Dumpling-San mendapat keluhan tentang kualitas produk. Maka dari itu peneliti ingin meneliti beberapa faktor yang memengaruhi keputusan pembelian dari produk Dumpling-San, dan yang akan diteliti adalah faktor kualitas produk dan harga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas produk dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Dumpling-San. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel yaitu kualitas produk (X1), harga (X2) dan keputusan pembelian (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kausal dengan pendekatan kuantitatif. Metode convenience sampling digunakan untuk mengambil sampel sebanyak 60 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pengujian linier berganda dimana didalamnya terdapat pengujian hipotesis dan juga uji asumsi klasik. Hasil dari penelitian ini menunjukan perumusan masalah dan hipotesis terbukti benar bahwa kualitas produk dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Dumpling-San.
