ANALISIS PENGARUH BRAND ASSOCIATION, BRAND LOYALTY, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI ZANGRANDI SURABAYA
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk
mengetahui apakah brand association, brand loyalty, dan kualitas produk
berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Zangrandi Surabaya. Populasi
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu semua orang di Surabaya yang pernah
melakukan pembelian es krim Zangrandi jalan Yos Sudarso, Surabaya. Variabel
yang digunakan pada penelitian ini adalah brand association sebagai variabel
bebas pertama (X1), brand loyalty sebagai variabel bebas kedua (X2), dan kualitas
produk sebagai variabel bebas ketiga (X3). Variabel terikat pada penelitian ini
yaitu keputusan pembelian (Y). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah dengan membagikan angket atau kuesioner yang
menggunakan Skala Likert. Skala Likert diwakilkan dengan angka satu sampai
empat, tanpa menggunakan pilihan netral. Angka satu mewakilkan pernyataan
sangat tidak setuju, angka dua mewakilkan pernyataan tidak setuju, angka tiga
mewakilkan pernyataan setuju, dan angka empat mewakilkan pernyataan sangat
setuju. Angket dibagikan pada 100 orang responden di Zangrandi Yos Sudarso,
lalu diolah menggunakan software SPSS 21. Data diuji menggunakan teknik
analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan
bahwa variabel brand association berpengaruh secara parsial terhadap keputusan
pembelian, variabel brand loyalty berpengaruh secara parsial terhadap keputusan
pembelian, dan variabel kualitas produk berpengaruh secara parsial terhadap
keputusan pembelian, serta variabel brand association, brand loyalty, dan kualitas
produk secara bersama-sama berpengaruh secara simultan terhadap keputusan
pembelian.
