PERENCANAAN PERLUASAN JARINGAN USAHA POTAPREN di SURABAYA
Abstract
Pertumbuhan manusia terus meningkat setiap tahunnya sehingga membuat bisnis
makanan terus meningkat oleh karena, itu untuk terjun dalam bisnis makanan
diperlukan keunikan dalam produk agar dapat bersaing di pasaran. Potapren
menjadi trendsetter dengan menawarkan cara baru menikmati kentang goreng
yaitu dengan ditumbuk hingga halus, dibentuk bulat-bulat lalu digoreng dengan
tepung roti sehingga saat dinikmati terasa tekstur yang lembut di bagian dalam
dan renyah di bagian luarnya. Tidak hanya itu Potapren juga dilengkapi dengan
topping dan saus yang beragam dan dapat dikreasikan sendiri oleh konsumennya.
Harga yang ditawarkan dimulai dari Rp. 15.000 sampai dengan Rp. 30.000
bahkan lebih sesuai dengan pilihan konsumen. Berlokasi di Pakuwon Trade
Centre dengan konsep open counter dan akan membuka gerai baru di Ciputra
World Surabaya dengan konsep yang sama. Agar dapat bersaing di pasar Potapren
akan melakukan inovasi produk tetapi tetap dengan produk utamanya yaitu
kentang tumbuk goreng. Melakukan penggantian variasi saus agar konsumen
tidak bosan dengan menu yang ada. Melakukan promosi untuk meningkatkan
marketing melalui media sosial yang sekarang ini sangat berpengaruh terutama di
kalangan anak muda dan juga mengikuti acara-acara atau bazaar yang ada di
Surabaya agar lebih banyak orang dapat mengenal Potapren selain itu juga
melakukan perluasan jaringan usaha dengan membuka gerai baru di Ciputa World
Surabaya. Potapren memiliki visi untuk menjadi brand utama produk kentang
tumbuk goreng terutama di wilayah Surabaya, untuk mencapai visi tersebut maka
Potapren akan berusaha untuk meningkatkan kualitas produk dan melakukan
ekspansi di wilayah Surabaya sehingga apabila muncul kompetitor maka Potapren
tetap dapat bersaing di pasar.
