ANALISIS OZORA UNTUK PENGEMBANGAN DI MASA DEPAN
Abstract
Latar belakang bisnis ini didasarkan pada meningkatnya kepedulian
masyarakat akan pentingnya kesehatan, dan salah satu komponen menjaga
kesehatan adalah melalui air yang berkualitas baik. Dengan meningkatnya
kesadaran masyarakat, diikuti oleh kebutuhan air minum bersih di pasaran,
prospek bisnis air minum dapat dikatakan masih cukup baik. Tujuan dari
penelitian ini untuk mengetahui apa yang harus dilakukan untuk mengembangkan
Ozora di masa depan. Ozora merupakan bisnis penulis yang bergerak dalam
bidang air minum dalam kemasan, berupa air alkali. Air alkali merupakan air yang
memiliki unsur basa, dengan PH di atas tujuh, berfungsi untuk menetralkan asam
dalam tubuh. Bisnis ini di bawah PT Air Minum Sehat Indonesia. Konsep dari
bisnis ini adalah menyediakan air minum yang sehat bagi masyarakat. Ozora
dikemas dalam packaging 2 liter dan 19 liter. Target market bisnis ini adalah
orang Surabaya, dengan usia dewasa, dengan status sosial menengah ke atas,
dengan pendapatan di atas lima juta per bulan. Penulis menganalisis dari sisi
produk, bisnis, pemasaran, keuangan, industri. Penulis menganalisa dengan
menggunakan feature, advantage, benefit, business model canvas, SWOT analisis,
bauran pemasaran, dan analisis keuangan. Berdasarkan hal tersebut, dapat
disimpulkan Ozora layak dijalankan, dan pengembangan dapat dilakukan terutama
dengan memperkuat sistem internal. Pengembangan tersebut dapat dilakukan
dengan memperkuat branding dengan iklan dan memasukannya ke banyak toko,
mencari investor untuk menambah armada, dan memasukannya di toko juga
supermarket. Dari segi keuangan, Ozora layak dijalankan karena NPV nya lebih
dari nol, dengan payback period selama dua tahun satu bulan.
