LA PARISIENNE
Abstract
Roti merupakan salah satu makanan yang bisa dimakan kapan saja, seperti untuk
sarapan, untuk makanan ringan maupun sebagai pengganti nasi untuk memenuhi
kebutuhan karbohidrat. Roti memiliki potensi yang sangat luas untuk
dikembangkan mulai dari segi bentuk, penampilan dan rasa. La Parisienne
merupakan industri yang bergerak dalam bidang pembuatan roti. La Parisienne
hadir sebagai bakery café pertama di Surabaya yang menyediakan roti dengan
desain gaya yang menarik. Setiap roti yang disajikan memiliki gaya yang berbeda
antara yang satu dengan yang lainnya. Membawa tema "freshly baked and stylish
bread", La Parisienne percaya bahwa kualitas produk, pelayanan yang unggul,
serta penyajian yang elegan akan menghasilkan pengalaman berkesan bagi
pelanggan. Seluruh proses pembuatan roti akan dilakukan pada pagi hari dan
menggunakan bahan-bahan yang baik dengan tujuan agar dapat menghasilkan roti
dengan rasa yang berkualitas. Perencanaan bisnis La Parisienne terdiri dari konsep
bisnis, produk, pemilihan lokasi, desain ruangan, analisis keuangan dan berbagai
aspek lainnya. La Parisienne akan menggunakan konsep marketing mix sebagai
strategi pemasaran yang disesuaikan dengan kebutuhan La Parisienne. La
Parisienne melakukan penyebaran kuesioner agar mendapatkan data responden
untuk mengetahui minat masyarakat Surabaya atas bakery cafe La Parisienne.
Dalam perencanaan keuangan La Parisienne terdapat beberapa asumsi keuangan
yang diasumsikan selama lima tahun yaitu dari awal tahun 2016 hingga akhir
tahun 2020. Dari hasil perhitungan yang dilakukan La Parisienne akan mencapai
nilai BEP pada penjualan produk ke 62.943 unit dan akan mencapai nilai NPV
pada tahun ke tiga sebesar Rp.2.832.075.896 pada tahun ke lima. Nilai ini berada
di atas nol sehingga dapat menyimpulkan bahwa bisnis bakery cafe La Parisienne
diterima dan layak dijalankan.
