ANALISIS KUALITAS LAYANAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN DI HISTORICA COFFEE & PASTRY
Abstract
Penelitian yang berjudul “Analisis Kualitas Layanan Dalam Meningkatkan
Kepuasan Konsumen di Historica Coffee & Pastry” ini bertujuan untuk
mengetahui lima dimensi service quality yaitu reliability, responsiveness,
assurance, empathy dan tangible dalam meningkatkan kepuasan konsumen di
“Historica Coffee & Pastry”. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah
konsumen lama Historica Coffee & Pastry. Obyek yang digunakan dalam
penelitian ini adalah perusahaan Historica Coffee and Pastry. Metode yang
digunakan untuk penelitian ini adalah wawancara,dimana peneliti memilih empat
orang sebagai informan. Data primer diambil berdasarkan hasil wawancara
kepada konsumen Historica Coffee & Pastry. Sedangkan data sekunder diambil
dari data perusahaan Historica Coffee and Pastry, jurnal dan referensi-referensi
buku yang dapat bisa mendukung penelitian ini.Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah dengan melakukan wawancara mendalam (in-depth interview).
Hasil dari penelitian ini dapat meningkatkan kepuasan konsumen yang pertama
adalah kemampuan perusahaan dalam memberikan pelayanan seperti yang
dijanjikan, yang kedua adalah memberikan pelayanan secara cepat dan akurat,
yang ketiga yaitu memberikan pelayanan yang konsisten dan dapat dipercaya.
Keempat adalah kemampuan perusahaan dalam memberikan pelayanan yang
mengutamakan kepentingan konsumen dan perhatian individual kepada
konsumen. Sedangkan yang kelima yaitu memberikan pelayanan dengan fasilitas
yang modern.
