PENGARUH CUSTOMER BONDING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN THE COFFEE BEAN & TEA LEAF DI CIPUTRA WORLD SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh customer bonding terhadap
loyalitas pelanggan The Coffee Bean & Tea Leaf di Ciputra World Surabaya.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan populasi
seluruh pelanggan The Coffee Bean & Tea Leaf yang berkunjung ke outlet The
Coffee Bean & Tea Leaf di Ciputra World Surabaya selama periode tanggal 2
Maret 2015 sampai dengan 8 Maret 2015. Sedangkan sampel yang diteliti
sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik simple random sampling.
Teknik pengumpulan data menggunakan metode pembagian kuesioner dengan
instrumen Skala Likert. Variabel yang digunakan adalah variabel customer
bonding sebagai variabel bebas dan variabel loyalitas pelanggan sebagai variabel
terikat. Selanjutnya, pengolahan data menggunakan program SPSS (Satistical
Package for Social Science) versi 17 for Windows. Berdasarkan hasil pengujian
hipotesis yang telah dihitung menggunakan program SPSS 17, dapat disimpulkan
bahwa customer bonding berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas
pelanggan sebesar 23,9% dan advocacy bonding merupakan variabel dari
customer bonding memiliki pengaruh dominan terhadap loyalitas pelanggan
karena pada variabel tersebut pelanggan tidak hanya sebagai pemakai namun
sekaligus menjadi pemasar The Coffee Bean & Tea Leaf di Ciputra World
Surabaya.
