JAVA LOENPIA
Abstract
Produk loenpia di Kota Semarang memiliki keunikan tersendiri, loenpia khas
Semarang ini sudah ada sejak lama dan menjadi salah satu mata pencaharian utama
penduduk di Kota Semarang. Loenpia menjadi salah satu oleh-oleh khas Kota
Semarang yang sangat digemari oleh para penduduk Kota Semarang dan hingga kini
masih memiliki pesona bagi para wisatawan mancanegara dan wisatawan lokal. Pada
tahun 2014 loenpia dinobatkan sebagai salah satu produk bukan benda yang sudah
diakui hingga taraf international sebagai salah satu produk yang sah milik Indonesia.
Diketahui juga bahwa penduduk Kota Semarang setiap tahunnya terus meningkat.
Dari peluang inilah penulis ingin membuat sebuah store loenpia dengan konsep store
yang lebih modern baik dalam hal manajemen, pelayanan, penambahan variasi rasa,
serta membuat citra loenpia Kota Semarang menjadi lebih exclusive. Perancangan
bisnis ini ditulis untuk mendeskripsikan rencana secara rinci dalam membangun store
Java Loenpia. Java Loenpia adalah sebuah store yang bergerak di bidang kuliner.
Diferensiasi Java Loenpia adalah store yang menjual loenpia lebih dari satu variasi
rasa dan memiliki produk unggulan yang berupa loenpia frozen yang akan dijual baik
di store Java Loenpia dan dijual melalui website, dimana para pelanggan yang berasal
dari luar Kota Semarang dapat membelinya. Dengan investasi awal sebesar Rp.
693.511.600, perkiraan waktu yang diperlukan untuk mendapatkan kembali biaya
yang dikeluarkan pada saat investasi awal tersebut adalah kurang dari satu tahun.
Perancangan bisnis ini berisi tentang deskripsi dan latar belakang usaha, produk,
model bisnis, analisis industri, rencana pemasaran, dan rencana keuangan.
