ANALISIS PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI INSTACAKE
Abstract
ANALISIS PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI INSTACAKE 
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh elemen-elemen dalam bauran promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada stan Instacake di UC Walk. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen Instacake dengan kriteria telah melakukan pembelian minimal dua kali dalam jangka waktu dua bulan pada stan Instacake di UC Walk. Berdasarkan catatan hingga bulan Desember 2014 dari perusahaan Instacake, konsumen yang memenuhi kriteria tersebut berjumlah 38 orang. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yang ada karena jumlah populasi relatif kecil. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling. Jenis teknik nonprobability sampling yang digunakan adalah sampel jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Sumber data dalam penelitian ini terdiri atas dua, yaitu data primer dan sekunder. Data primer yang diperoleh berasal dari survei yang dilakukan dalam penelitian. Data sekunder yang diperoleh berasal dari internal perusahaan Instacake. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode survei dengan melakukan pembagian kuesioner sebagai instrumen penelitian terhadap sampel penelitian. Pengukuran data dalam penelitian menggunakan skala Likert dengan skala pengukuran satu sampai dengan lima. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah elemen-elemen dalam bauran promosi, yakni advertising, sales promotion, personal selling dan direct marketing, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian. Hasil penelitian diolah menggunakan program SPSS versi 1.9 untuk memperoleh kesimpulan yang signifikan. Hasil uji F menunjukkan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 dan hasil uji t pada setiap variabel menunjukkan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan pengujian hipotesis terhadap hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa variabel advertising, sales promotion, personal selling dan direct marketing secara individual dan simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Instacake
