ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KUALITAS KAFE DI KOTA JOMBANG
Abstract
ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KUALITAS KAFE DI
KOTA JOMBANG
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana
kualitas dari kafe
di kota Jombang, ditinjau dari sisi produk, pelayanan, dan fasilitas. Tujuan dari
penelitian ini
juga untuk mengetahui bagaimana
perilaku konsumen terhadap
kualitas kafe di kota Jombang.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah
metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan untuk
penelitian ini adalah studi kepustakaan, o
bservasi, dan wawancara.
Untuk teknik
pengumpulan data dengan wawancara, digunakan wawancara semi
-terstruktur
agar
interviewee
dapat memberikan informasi
yang lebih luas dan mendalam.
Sample
dari teknik pengumpulan data dengan cara wawancara adalah pemilik
dan
konsumen dari kafe di kota Jombang. Selanjutnya, penulis melakukan validasi
data terhadap data yang sudah dikumpulkan. Teknik validasi data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metod
e triangulasi
sumber. Dengan metode triangulasi
sumber, penulis
memeriksa kembali
data
-
data yang didapatkan dari hasil
wawancara dengan subyek penelitian dengan data
-
data yang didapatkan dari hasil
observasi dan studi kepustakaan. Berdasarkan data-
data yang didapatkan dari hasil
wawancara dengan subyek penelitian, mak
a dapat disimpulkan bahwa mayoritas
konsumen kafe di kota Jombang menyatakan kurang puas terhadap kualitas dari
kafe di kota Jombang, ditinjau dari sisi produk, pelayanan, dan fasilitas. Perilaku
konsumen terhadap kafe di kota Jombang adalah tetap pergi ke
kafe di kota
Jombang. Hal ini disebabkan karena konsumen terpaksa karena tidak ada tempat
selain kafe di kota Jombang yang bisa digunakan sebagai tempat berkumpul
bersama teman, minum kopi, atau mengerjakan tugas kuliah. Konsumen berharap
ada peningkatan kualitas dari kafe
di kota Jombang, dari sisi produk, pelayanan,
dan fasi
litas, agar dapat menjadi lebih baik ke depannya.
