dc.description.abstract | Perkembangan desain arsitektur dan interior masa kini muncul sebagai
sebuah
komoditi
konsumsi manusia sehingga terjadi perubahan makna hunian
sebagai tempat yang dapat dikembangkan ruang
-
ruangnya
,
dengan berfokus
pada
kenyamanan, keamanan, kebanggaan dan keindahan yang akan terkait dengan
desainnya
. Sehingga desain tersebut dapat memenuhi
kebutuhan akan fungsi dari
perancangannya.
Demi mencapai kebutuhan dan fungsi akan sebuah ruang,
pendekatan sense of place sangat penting untuk dite
rapkan pada sebuah
perancangan.
Dimana dengan pendekatan sense of place pada sebuah perancangan
dapat
tercipta interaksi antaran para penggunanya dengan suatu tempat atau wilayah
tertentu, b
aik secara fisik maupun sosial.
Metode penelitian yang dilakukan adalah
observasi, studi literatur, dan pengumpulan data kualitatif dengan cara
mengumpulkan data
–
data
yang mendukung penerapan pendekatan sense of place
pada sebuah perancangan. Selanjutya hasil pengumpulan data dianalisa secara
kualitatif deskriptif yang hasilnya akan dijadikan sebagai parameter keberhasilan
penerapan
sense of place
pada sebuah perancang
an, apabila dijadikan layanan
utama dan identitas suatu perusahaan konsultan jasa desain interior arsitektur.
Hasil
dari analisa menunjukan bahwa pentingnya penerapan pendekatan
sense of place
pada sebuah perancangan desain. Dan pendekatan ini dapat dijadi
kan sebagai
layanan utama pada perusahaan konsultan interior arsitektur. Dimana pengguna
ruang dapat
berinteraksi dengan lingkungannya
baik secara fisik maupun sosial,
sehingga tujuan diberdirikannya sebuah bangunan dapat tercapai dengan hasil yang
maksima
l. | en_US |