ANALISIS KONJOIN SEBAGAI PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT PRODUK PARFUM MOBIL ARTFRESH
Abstract
Artfresh merupakan usaha yang bergerak pada bidang parfum mobil. Artfresh berdiripada tahun 2018. Artfreshmelakukan pengembangan produk parfum mobil. Permasalahanyang terdapat didalam penelitian ini adalah kombinasi atribut manakah yang menjadi preferensikonsumen dalam memilih produk Artfresh. Preferensi yang diukur dalam penelitian inimeliputi atribut aroma, cara penggunaan dan bahan. Populasi pada penelitian ini adalahpengikut media sosial Instagram Artfresh. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian iniadalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Teknik nonprobability sampling. Penelitian ini menggunakan sampel sebesar 223 responden denganmenggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data dikumpulkan dengan menyebar kuesionersecara online. Penelitian ini menggunakan analisis konjoin. Dalam penelitian ini terdapat 3atributyang menjadi variabel penelitian yaitu aroma parfum, bahan dan cara penggunaan. Hasilpenelitian menunjukkan atribut yang menjadi preferensi konsumen dalam memilih produkparfum mobil Artfresh adalah aroma dengan nilai kepentingan 67,999% kemudian diikuticarapenggunaan dengan nilai kepentingan 18,544% dan yang terakhir bahan dengan nilaikepentingan 13,456%. Kombinasi atribut yang menjadi preferensi konsumen adalah aromaparfum lavender, cara penggunaan digantung dan berbahan kertas.
