PENGARUH TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) FACTORS DAN SOCIAL FACTORS MELALUI ATTITUDE TOWARDS MOBILE APP USE TERHADAP NIAT BELI
Abstract
Berbicara tentang perkembangan teknologi tentu saja mengarah kepadasebuah perubahan.Perubahan yang dimaksud adalah perubahan pola konsumsimasyarakat mengenai cara berbelanja melalui toko fisik (offline) melalui tokoonlineatau biasa disebut denganonline marketplace. Dalam mengelola bisnisonline marketplacepenting untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhiIntention To Purchasepelanggan dalam menggunakanonline marketplacesepertidalamTAM Factors(Perceived Usefulness,Perceived Ease of Use) danSocialFactors(Social Influence,Peer Influence) sertaAttitude towards mobile app usedalam menggunakan aplikasionline marketplaceuntuk berbelanja dan Tokopediasebagai objek yang digunakan dalam penelitian. Penelitian ini merupakanpenelitian kuantitatif dengan menggunakan mteode analisis data SEM yang dibantusoftware Partial Least Square(PLS). Pengumpulan data dilakukan denganpenyebaran kuisioner berupagoogle formkepada masyarakat yang ada di kota Paludan kota Surabaya yang menggunakan aplikasionline marketplaceTokopedia.Pada penelitian ini menggunakan teknikrandom samplingdan data yangdiperoleh sebanyak 100 responden.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1)Perceived UsefulnessmempengaruhiAttitude towards mobile app use,(2)Perceived Ease of UsemempengaruhiAttitude towards mobile app use, (3)SocialInfluencetidak mempengaruhiAttitude towards mobile app use,(4)Peer InfluencemempengaruhiAttitude towards mobile app use, (5)Attitude towards mobile appusetidak mempengaruhiIntention To Purchase,(6)Perceived UsefulnesstidakmempengaruhiIntention To Purchase,(7)Perceived Ease of UsetidakmempengaruhiIntention To Purchase,(8)Social Influencetidak mempengaruhiIntention To Purchase,dan(9)Peer Influencetidak mempengaruhiIntention ToPurchase.Maka dari itu, berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwanilai dalamTAM Factorslebih tinggi dibandingkan hal terkait denganSocialFactorsterhadapAttitude towards mobile app use. Hal ini terjadi karena individumelihat kegunaan dan kemudahan dalam menyikapi penggunaanonlinemarketplacedan pengaruh teman sebaya.
