PENGARUH KEMASAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA USAHA GYLDEN CHOCOLATE
Abstract
PENGARUH KEMASAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN
PEMBELIAN PADA USAHA GYLDEN CHOCOLATE
 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemasan dan
promosi terhadap keputusan pembelian produk Gylden Chocolate. Penelitian lebih
meneleti pada hubungan parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen
Gylden Chocolate yang pernah membeli produk Gylden Chocolate pada periode
November 2013 – November 2014. Populasi dari penelitian ini berjumlah 168 orang
namun sampel yang digunakan hanya sebesar 63 responden. Teknik pengambilan
sampel menggunakan metode purposive sampling. Untuk mengambil sampel dari
populasi menggunakan rumus Slovin. Responden yang diteliti terbatas pada wilayah
Surabaya. Model penelitian ini menggunakan regresi linear berganda.
 Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemasan dan promosi secara simultan
dan parsial berpengaruh significant terhadap keputusan pembelian Gylden Chocolate.
Hal ini menunjukkan konsumen membeli produk Gylden Chocolate dikarenakan
kemasan yang dimiliki dan promosi yang dilakukan Gylden Chocolate membuat
orang tertarik. Manfaat dari penelitian ini adalah Gylden Chocolate dapat
menyesuaikan kemasan yang pas bagi konsumen agar konsumen ingin membeli
produk Gylden Chocolate walaupun belum merasakan. Gylden Chocolate juga dapat
menentukan promosi yang sesuai agar konsumen dapat tertarik untuk membeli.
