STRATEGI INOVASI PADA THE SRIKANDI ORGANIZER
Abstract
The Srikandi Organizer adalah perusahaan yang secara khusus membantu
menyusun, mempersiapkan dan mewujudkan rangkaian pesta pernikahan yang
berbasis di Surabaya, Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
dan merumuskan strategi samudra biru sebagai keunggulan kompetitif yang
dapat diterapkan di The Srikandi Organizer. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kualitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang
dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi, observasi dan studi pustaka.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pemilihan
informan penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria
terpilih yang relevan dengan masalah penelitian. Wawancara semi terstruktur
dilakukan kepada empat orang informan terpilih yaitu dua orang pendiri
perusahaan, satu orang pengguna jasa perusahaan, dan satu orang kompetitor
perusahaan. Penelitian ini fokus kepada evaluasi Business Model Canvas,
Strategi Kanvas, dan Kerangka-Kerja-Empat-Langkah untuk menemukan Blue
Ocean Strategy pada The Srikandi Organizer. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa blue ocean strategy sebagai strategi keunggulan kompetitif pada The
Srikandi Organizer dapat dilakukan dengan berinovasi dalam mengatur paket
bundling dengan vendor acara pernikahan lainnya dan membuat paket promo
menarik.
