ANALISIS ATRIBUT YANG MENJADI PREFERENSI KONSUMEN DALAM MEMILIH PRODUK MASKER SPIRULINA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap produk masker spirulina yang diukur dari empat atribut yaitu bentuk sediaan, bentuk kemasan, aroma, dan jenis masker. atribut tersebut dipilih dengan pertimbangan potensi perusahaan dalam mengembangkan produk masker spirulina. populasi pada penelitian ini adalah masyarakat kota Gresik yang pernah mengkonsumsi produk wajah. Teknik pemilihan sample pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah sample terbanyak 100 responden. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kemudian dianalisis menggunakan analisis konjoin.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kombinasi atrinut yang menjadi preferensi konsumen dalam memilih produk masker spirulina adalah masker spirulina yang berupa pasta (gel) dalam kemasan botol (tube) dengan aroma bunga dan jenisnya yang peel off. Adapun prioritas atribut yang menjadi preferensi konsumen dalam memilih masker spirulina adalah bentuk sediaan, diikuti bentuk kemasan, lalu jenis masker dan yang terakhir adalah aroma
