STUDI KE LAYAKAN PENGEMBANGAN BISNIS PADA USAHA PAGAR SAYURAN ORGANIK
Abstract
Pagar Sayuran Organik adalah sebuah perusahaan yang bergerak didalam bidang pertanian sayuran organik, diawali dengan pertanian organik konvensional hingga pada akhirnya beralih kepada pertanian hidroponik dan pengembangan produknya yang sesuai dengan turunannya.
Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan pengembangan bisnis dari usaha yang telah ada sebelumnya, meliputi 5 aspek penelitian diantaranya; Aspek Pasar dan Pemasaran (meliputi: Analisis SWOT, Segmentasi Pasar , Targeting, Positioning, dan Asumsi Proyeksi Permintaan Potensial) , Aspek Teknik dan Teknologi (meliputi: Analisis Lokasi Bisnis, Analisis Luas Produksi, Analisis Layout Lokasi ), Aspek Hukum (meliputi: Akta Pendirian, SIUP, TDP, NPWP), Aspek Keuangan (meliputi: Payback Periode, Net Present Value, Internal Rate of Return, Scenario Case) dan Aspek Sumber Daya Manusia (meliputi: Job Analysis, Job Spesification, Struktur Organisasi, Job Description, Salary, Rencana Pengembangan Karyawan). Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat kota Gresik dan sekitarnya yang memiliki perkembangan yang signifikan meliputi pertumbuhan penduduk dan perumahan, sehingga diharapkan dapat menjadi konsumen potensial.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk yang sesuai dengan penelitian adalah starterkit produk yang memiliki target konsumen Rumah Tangga, Pelaku Hobbi, Karyawan dan Perusahaan.