Show simple item record

dc.contributor.authorKani, Azirah
dc.date.accessioned2023-03-09T03:08:31Z
dc.date.available2023-03-09T03:08:31Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/6161
dc.descriptionThe purpose of this research is to determine the right pricing method for RasaRasa. Currently, RasaRasa determines its product price by adding profit margin to raw materials cost. This study aims to provide inputs for RasaRasa with reference to existing theories. The research compares three pricing methods, which are cost - based pricing, value - based pricing, and competitive pricing. Data are collected from the\ company's internal data, observation on competitors' selling prices, and interviews with consumers and similar businesses. Study result suggests that the most appropriate method for RasaRasa is cost - based pricing, because it produces the most reasonable price after considerations of incurred costs. Based on the cost - based pricing calculation, RasaRasa's products can be offered at lower prices, such as Rp1.346 for jackfruit rissole, Rp1.394 for pineapple rissole, and Rp1.160 for banana cheese rissole. It is hoped that the decrease in price will attract more consumers, increase sales, and reduce rejection.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk dapat mengetahui metode penetapan harga jual yang tepat pada Rasarasa. Selama ini Rasarasa menghitung harga jual dengan cara menghitung seluruh biaya bahan baku yang digunakan dan menambahkan sesuai dengan margin keuntungan. Adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi perusahaan Rasarasa dengan acuan teori yang ada. Penelitian ini membandingkan tiga metode penetapan harga yaitu cost based pricing, value based pricing, dan competitive based pricing. Data dikumpulkan melalui data internal perusahaan, melakukan observasi harga jual pesaing, dan wawancara dengan industri sejenis dan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode penetapan harga yang paling tepat untuk diterapkan oleh Rasarasa adalah metode cost based pricing. Harga yang dihasilkan pada metode cost based pricing merupakan harga yang pantas untuk diterapkan setelah mempertimbangkan biaya - biaya yang dikeluarkan. Berdasarkan perhitungan secara cost based pricing, produk Rasarasa dapat ditawarkan dengan harga yang lebih murah, yaitu risoles nangka Rp 1.346, risoles nanas Rp1.394, dan risoles pisang keju Rp1.160. Dengan menetapkan harga lebih rendah dibandingkan dengan harga saat ini, diharapkan perusahaan dapat memberikan penawaran yang lebih menarik pada konsumen, sehingga dapat meningkatkan penjualan dan mengurangi penolakan yang terjadi.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Ciputraen_US
dc.subjectCompetitive Based Pricingen_US
dc.subjectCost Based Pricingen_US
dc.subjectHarga Jualen_US
dc.subjectValue Based Pricingen_US
dc.titleMETODE PENETAPAN HARGA JUAL PADA PRODUK RASARASAen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidn6662800
dc.identifier.kodeprodi61201
dc.identifier.nim10111018
dc.identifier.dosenpembimbingEko Budi Santoso


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record