ANALISIS SEGMENTATION , TARGETING , POSITIONING , DAN BAURAN PEMASARAN TERHADAP PRODUK ZOOZOO
Abstract
Latte Company merupakan perusahaan yang bergerak di bidang food and beverage pada industri susu. Latte Company memiliki lokasi di daerah Surabaya Barat. Produk yang dijual oleh Latte Company adalah susu pasteurisasi dengan merek ZooZoo. Produk tersebut memiliki varian rasa diantaranya, stroberi, melon, moka, taro, coklat, dan vanilla. Produk ZooZoo memiliki ketahanan tujuh hari. Produk ZooZoo yang sudah melewati masa tujuh hari dan belum terjual akan menjadi produk retur.
Permasalahan yang dialami oleh Latte Company adalah retur pada beberapa tempat konsinyasi yang mendekati dan melebihi 10%. Tempat konsinyasi dengan persentase retur yang rendah sebagian besar pasarnya adalah pelajar atau remaja , sedangkan tempat konsinyasi lainnya memiliki memiliki pasar yang lebih umum yaitu pelajar hingga yang sudah bekerja. Perbedaan pada kondisi tempat konsinyasi juga mempengaruhi persentase retur, hal tersebut disebabkan karena adanya perbedaan persentase retur di tempat yang berbeda. Berdasarkan hal tersebut, peneliti melakukan penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Segmentation, Targeting, Positionin, dan Bauran Pemasaran yang sesuai dengan produk ZooZoo. Subyek pada penelitian ini adalah kompetitor dengan produk susu pasteurisasi, konsumen produk ZooZoo yang membeli ZooZoo di tempat konsinyasi, konsumen ZooZoo yang tidak membeli ZooZoo di tempat konsinyasi, dan Pengunjung tempat konsinyasi yang tidak membeli ZooZoo. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah analisis SWOT, STP, dan Bauran Pemasaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa STP yang sesuai dengan produk ZooZoo adalah konsumen dengan umur 13 tahun keatas. Wilayah yang dijangkau adalah Surabaya bagian barat dan pengembangan di seluruh wilayah Surabaya. Produk dan harga sudah sesuai dengan STP yang ada, namun pada produk ditambahkan produk dengan kemasan satu liter. Promosi menggunakan brosur dan banner pada tempat konsinyasi yang dapat mengedukasi dan membangun positioning susu sehat dan memiliki varian rasa. Tempat konsinyasi yang kurang sesuai adalah rumah makan Padang Sederhana dan tempat cuci mobil Cheap n Clean, pencarian tempat konsinyasi berikutnya adalah tempat konsinyasi yang memiliki stan snack.
