| dc.contributor.author | Dwiprasetya, Bobby Agusta | |
| dc.date.accessioned | 2023-03-09T03:51:24Z | |
| dc.date.available | 2023-03-09T03:51:24Z | |
| dc.date.issued | 2015 | |
| dc.identifier.uri | http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/6163 | |
| dc.description | Latte Company engages in the food and beverage industry, specifically in the dairy industry. It is located in west Surabaya. The company manufactures pasteurized milk products under the brand of ZooZoo. The product consists of various flavors, such as strawberry, melon, mocha, taro, chocolate, and vanilla. ZooZoo's product can last for 7 days. Products that are not sold after 7 days will be returned to the company.
One of ZooZoo's problems is the product return percentage in consignment places which reaches 10%. Consignment places with low return percentage have students or teenagers as its market, whereas the rest consists of students to the already working. The difference in condition of consignment places also affect the percentage of returns, it is due to the difference in the percentage of returns in different places. This research is based on that finding. The purpose of this research is to determine the most suitable Segmentation, Targeting, Positioning, and Marketing Mix for ZooZoo. The study subjects include direct competitors, consumers who purchase from consignment places, consumers who purchase from other places, and consignment places visitors who do not make any purchase. Observation, interviews, and documentation are used to collect data. Meanwhile, the data analysis process is conducted using SWOT analysis, STP, and Marketing Mix.
Study result suggests that the right S TP for ZooZoo is students aged 13 years and older. Surabaya reach areas are western and development throughout the region Surabaya. Products and prices are in accordance with the existing STP, but the packaging of the product added to one liter of product. Promotion using brochures and banners on consignment place that can educate and build healthy milk and has flavors positioning. Place less appropriate is Padang Sederhana restaurants and Cheap n Clean car wash, the next consignment place is place which has a snack booth. | en_US |
| dc.description.abstract | Latte Company merupakan perusahaan yang bergerak di bidang food and beverage pada industri susu. Latte Company memiliki lokasi di daerah Surabaya Barat. Produk yang dijual oleh Latte Company adalah susu pasteurisasi dengan merek ZooZoo. Produk tersebut memiliki varian rasa diantaranya, stroberi, melon, moka, taro, coklat, dan vanilla. Produk ZooZoo memiliki ketahanan tujuh hari. Produk ZooZoo yang sudah melewati masa tujuh hari dan belum terjual akan menjadi produk retur.
Permasalahan yang dialami oleh Latte Company adalah retur pada beberapa tempat konsinyasi yang mendekati dan melebihi 10%. Tempat konsinyasi dengan persentase retur yang rendah sebagian besar pasarnya adalah pelajar atau remaja , sedangkan tempat konsinyasi lainnya memiliki memiliki pasar yang lebih umum yaitu pelajar hingga yang sudah bekerja. Perbedaan pada kondisi tempat konsinyasi juga mempengaruhi persentase retur, hal tersebut disebabkan karena adanya perbedaan persentase retur di tempat yang berbeda. Berdasarkan hal tersebut, peneliti melakukan penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Segmentation, Targeting, Positionin, dan Bauran Pemasaran yang sesuai dengan produk ZooZoo. Subyek pada penelitian ini adalah kompetitor dengan produk susu pasteurisasi, konsumen produk ZooZoo yang membeli ZooZoo di tempat konsinyasi, konsumen ZooZoo yang tidak membeli ZooZoo di tempat konsinyasi, dan Pengunjung tempat konsinyasi yang tidak membeli ZooZoo. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah analisis SWOT, STP, dan Bauran Pemasaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa STP yang sesuai dengan produk ZooZoo adalah konsumen dengan umur 13 tahun keatas. Wilayah yang dijangkau adalah Surabaya bagian barat dan pengembangan di seluruh wilayah Surabaya. Produk dan harga sudah sesuai dengan STP yang ada, namun pada produk ditambahkan produk dengan kemasan satu liter. Promosi menggunakan brosur dan banner pada tempat konsinyasi yang dapat mengedukasi dan membangun positioning susu sehat dan memiliki varian rasa. Tempat konsinyasi yang kurang sesuai adalah rumah makan Padang Sederhana dan tempat cuci mobil Cheap n Clean, pencarian tempat konsinyasi berikutnya adalah tempat konsinyasi yang memiliki stan snack. | en_US |
| dc.language.iso | id | en_US |
| dc.publisher | Universitas Ciputra | en_US |
| dc.subject | STP | en_US |
| dc.subject | Segmentasi | en_US |
| dc.subject | Bauran Pemasaran | en_US |
| dc.subject | Susu Pasteurisasi | en_US |
| dc.subject | Marketing Mix | en_US |
| dc.subject | Pasteurized Milk | en_US |
| dc.title | ANALISIS SEGMENTATION , TARGETING , POSITIONING , DAN BAURAN PEMASARAN TERHADAP PRODUK ZOOZOO | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| dc.identifier.nidn | 6004299 | |
| dc.identifier.kodeprodi | 61201 | |
| dc.identifier.nim | 10111271 | |
| dc.identifier.dosenpembimbing | Tina Melinda | |