STRATEGY BRAND REPOSITIONING DALAM MENINGKATKAN CITRA MEREK LE’PARADIS
Abstract
Penting bagi perusahaan untuk memiliki identitas merek yang jelas, karena merek memiliki kekuatan yang cukup besar. Merek tidak hanya sebagai pembeda namun merek merupakan sebuah intangible asset bagi perusahaan yang mampu menghasilkan profit. Positioning merupakan pandangan konsumen terhadap merek yang dimiliki oleh suatu produk, dengan positioning yang benar maka merek akan diterima oleh konsumen dengan baik. Le’Paradis merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang food and bavarage khususnya baked goods. Le’Paradis menyadari bahwa posisi yang dimiliki oleh Le’Paradis tidak tepat, sehingga membuat nilai yang dimiliki oleh Le’Paradis tidak sampai kepada konsumen. Tujuan dari penelitian ini ialah menemukan strategi repositioning yang tepat dalam meningkatkan citra merek Le’Paradis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara tersturktur dan melalui dokumentasi. Informan ditentukan dengan cara porposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan strategi repositioning dalam meningkatkan citra merek Le’Paradis adalah dengan menentukan target pasarnya terlebih dahulu, kemudian menemukan functional benefit dari produk yang akan ditawarkan, dan memberikan experiance benefit kepada konsumen, sehingga merasa produk yang dimiliki Le’Paradis berbeda dengan pesaingnya.