ANALISIS PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA RESTORAN TEMATIK DI SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuielectronic Word of Mouthyangberpengaruh terhadap keputusan pembelian pada restoran tematik di Surabaya.Populasi yang ditetapkan pada penelitian ini adalah konsumen yang pernahmembaca ulasanonline, baik yang pernah berkunjung ke restoran tematik maupunyang belum berkunjung ke restoran tematik. Metode penelitian yang digunakanadalah kuantitatif. Variabel penelitian yang digunakan penulis adalah variabelconsumer reviews, reviewer (writer of review), website that present the reviews,danquantity of revieweryang berperan sebagai variabel independen,sedangkanvariabel keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Teknik pengumpulandata dalam penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner yangmenggunakan skala tanpa netral.Berdasarkan hasil analisis data, dapatdisimpulkan bahwa variabelconsumer reviews, reviewer (writer of review),website that present the reviews,danquantity of reviewersecara bersama-samaberpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada restoran tematik diSurabaya.
