Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Toko Mustika Wangi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untukmengidentifikasi pengaruh kualitas produkdan kualitas pelayananterhadap kepuasan pelangganToko Mustika Wangi.Variabel pada penelitian ini adalah kualitas produk(X1) dan kualitas layanan (X2)padavariabel bebas, sedangkankepuasan konsumen (Y) padavariabel terikat.Populasi penelitian ini adalahseluruh konsumenToko Mustika Wangiyangberjumlah 143, metode pemilihan sampel menggunakanprobability samplingdengan jumlah sampel 106 yang dihitung menggunakan rumus Slovin.Datadiambil dengan carakuesioner yang diukur dengan skala Likert dan diolahmenggunakan program SPSS versi 17dengan metode regresi berganda.HasilnyaR square(R2) sebesar 0,367artinya 36,7% kemampuan modelini memiliki pengaruh antara variabel kualitas produk dan kualitas pelayananterhadap variabel kepuasan konsumenKarena kualitas layanansecara parsialberpengaruh signifikan, maka dilakukan uji regresi variabel kualitasproduk dankualitas pelayanan. Model regresinya adalahY =0,898+0,450X1+0,365X2