ANALISIS KEBUTUHAN DAN EKSPEKTASI WISATAWAN JEPANG TERHADAP FASILITAS HOTEL DI INDONESIA
Abstract
Sebuah hotel harus mengetahui apa saja wisatawan Jepang butuhkan danekspektasi saat menginap di hotel tersebut dari failitas kamar, restaurant, danfasilitas pendukung dari sebuah hotel. Wisatawan Jepang mempunyai kebiasaanuntuk berendam di air panas atau yang disebut juga dengan ofuro. Selain itukebutuhan wisatawan Jepang saat menginap di hotel yaitu kasur yang bertipesingle bed. Wisatawan Jepang biasa tidur di kasur lipat yang disebut futon.Kebutuhan lain yang harus ada di sebuah hotel adalah AC, WiFi, jakusi. Sebuahhotel harus sangat memperhatikan adalah kebersihan hotel merupakan salah satufaktor yang sangat penting bagi wisatawan, apabila hotel tersebut tidak bersihmaka wisatawan tidak akan berkunjung kembali ke hotel tersebut. Ekspektasiwisatawan Jepang merupakan apa saja yang menjadi keinginan wisatawan Jepangdan apabila hotel tersebut dapat memujudkannya maka akan menjadi nilai tambahbagi wisatawan Jepang. Wisatawan Jepang lebih menyukai sebuah hotel yangmenyediakan transportasi dari hotel ke bandara. Selain itu Japanese Languagecenter karena wisatawana Jepang sangat kesulitan untuk berbahasa Inggrismaupun Indonesia. Wisatawan sangat menyukai apabila hotel bisa mengetahuidengan jelas mengenai apa saja kebudayaan Jepang, cara menghadapi atauberbicara langsung dengan wisatawan Jepang, dan lebih baik apabila hoteltersebut ada salah satu staff yang bisa berbicara sangat lancar. Maka dari itusangatlah penting suatu hotel bisa mengetahui akan kebutuhan dan ekspektasiwisatawan Jepang terhadap fasilitas hotel di Indonesia.
