ANALISIS KINERJA KEUANGAN TOKO iCELL SEBELUM DAN SESUDAH PENJUALAN PERDANA PRODUK BARU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penjualan produkbaru terhadap kinerja keuangan toko iCell. Populasi dalam penelitian ini adalahjumlah laporan keuangan bulanan mulai dari berdirinya toko iCell sampaipenelitian ini dilaksanakan yaitu dua puluh dua buah. Sampel dalam penelitian iniberjumlah dua belas dan pemilihan sampel menggunakan metodepurposivesampling. Variabel bebas dalam penelitian ini ada dua jenis yaitu: (1)masa(periode) sebelum dan sesudah penjualan iPhone4 dan iPad2, dan (2)indikatorrasio keuangan toko iCell yang meliputireturn on investment, total activeturnover, retained earning turnover,danprofit growth ratio. Keempat rasiokeuangan tersebut mewakili kinerja keuangan toko iCell dan inti dari penelitianini adalah membandingkan rasio keuangan tersebut. Penelitian ini menggunakanalat uji beda MANOVA. Dengan menggunakansoftwareSPSS 19, hasil analisismenunjukkan bahwa penjualan produk baru berpengaruh terhadap keempat rasiokeuangan secara simultan. Sedangkan analisis hasil uji parsial menunjukkanbahwa penjualan paling berpengaruh terhadap indikator rasio keuangantotalasset turnoverdengan nilai signifikansi 0,005 (<0,01).
