Pengaruh Biaya Distribusi dan Biaya Promosi Terhadap Penjualan Toko Bares Windu
Abstract
Perkembangan bisnis yang sangat cepat memacu perusahaan untuk selalu melakukan perbaikan baik di dalam maupun di luar perusahaan. Salah satu cara untuk melakukan perbaikan di dalam perusahaan adalah dengan cara melakukan efisiensi penggunaan dari biaya yang dikeluarkan. Untuk melakukan efisiensi tersebut, perlu dilakukan penelitian untuk melihat biaya yang tidak efisien,
sehingga dapat diefisienkan dan mengurangi biaya yang percuma. Toko Bares Windu yang menjadi subjek dalam penelitian ini merupakan salah satu perusahaan yang menjual berbagai macam barang kebutuhan pokok masyarakat saat ini.
Pengiriman dan juga komunikasi terhadap pelanggan merupakan sarana utama dalam perusahaan ini untuk mendapatkan pesanan. Kedua hal tersebut memunculkan biaya pengiriman dan biaya promosi yang memengaruhi kelangsungan perusahaan. Oleh sebab itu, perlu dilakukan penelitian.
Tujuan dilakukan penelitian ini mengetahui dan menganalisis pengaruh dari biaya distribusi dan biaya promosi terhadap penjualan tiap bulannya pada Toko Bares Windu dari bulan Januari sampai Desember Tahun 2010. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional karena membahas tentang hubungan dan pengaruh antara biaya distribusi dan biaya promosi terhadap kinerja penjualan.
Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan SPSS versi 18. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa biaya distribusi dan biaya promosi secara bersama-sama berpengaruh terhadap penjualan Toko Bares Windu, yang terlihat dari hasil uji-F yaitu signifikansi 0,002 jauh lebih kecil dari 0,005. Dengan pengujian secara parsial, dapat disimpulkan bahwa biaya distribusi
berpengaruh terhadap penjualan yang terjadi, sedangkan biaya promosi tidak memiliki pengaruh terhadap penjualan Toko Bares Windu yang terlihat dari besarnya koefisien korelasi yang menunjukan angka 0,861 untuk biaya distribusi dan 0,201 untuk biaya promosi

