ANALISIS PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN SKY GARDEN SURABAYA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh customer relationship management terhadap loyalitas pelanggan Sky Garden di Kota Surabaya. Dunia bisnis dewasa ini mengalami perkembangan yang sangat pesat ditandai dengan banyaknya industri yang berkembang di segala bidang dan makin ketatnya persaingan di dalam bisnis. Karena medan persaingan makin ketat maka saat ini perusahaan berlomba-lomba memberikan added value bagi konsumen atau pelanggan yang dimiliki. Mempertahankan konsumen dengan konsentrasi menjaga hubungan diantara keduabelah pihak menjadi salah satu strategi yang bisa digunakan. Untuk menjalankan strategi ini dapat digunakan customer relationship management (CRM).Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah melakukan transaksi dengan Sky Garden. Sampel yang digunakan sebanyak 36 konsumen. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan customer relationship management (CRM) sebagai variabel independent dan loyalitassebagai variabel dependent.Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah koefisien variabel bebas (CRM) dalam penelitian ini bersifat positif 0,931. Hal itu berarti bahwa, di saat CRM naik satu satuan maka loyalitas konsumen akan naik sebesar 0,931. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah customer relationship management (CRM) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas. Dari situ Sky Garden dapat secara intensif meningkatkan pelayanannya guna menjaga hubungan yang baik dengan konsumen agar loyalitas konsumen juga bertambah.