PENGARUH ADVERTISING SALES RATIO, DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP RETURN ON EQUITY PADA PERUSAHAAN SMOOTH DI SURABAYA
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Advertising Sales Ratio, Debt to Equity Ratio Terhadap Return on Equity Pada Perusahaan Smooth di Surabaya”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh advertising sales ratio dan debt to equity ratio secara signifikan terhadap profitabilitas perusahaan Smooth. data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data keuangan perushaaan Smooth pada periode Agustus 2009 hingga November 2011. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa biaya advertensi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap profitabilitas perusahaan Smooth, sedangkan variabel utang berpengaruh secara signifikan terhadap profitabilitas perusahaan Smooth. Hasil uji SPSS menunjukkan bahwa biaya advertensi tidak berpengaruh, sedangkan variabel utang berpengaruh secara signifikan terhadap profitabilitas perusahaan Smooth.