PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN KANTIN 99
Abstract
Kepuasan konsumen dapat menjadi perhatian utama bagi semua pemilik usaha khususnya Kantin 99 yang berada di kawasan mall Lenmarc. Kantin 99 merupakan satu-satunya kantin yang menjadi tujuan bagi tenaga kerja ataupun pengunjung yang berada di Lenmarc untuk memenuhi kebutuhan mereka seperti makan dan minum. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh simultan dan parsial variabel kualitas produk dan harga produk terhadap kepuasan konsumen Kantin 99 dan menganalisis antara variabel kualitas produk dan harga produk, manakah yang memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kausalitas. Alat analisis yang digunakan adalah analisa regresi liner berganda. Populasi yang digunakan adalah konsumen Kantin 99 sebanyak 342 orang. Pengambilan sampel menggunakan metode incidental sampling. Sampel yang digunakan sebesar 78 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, riset perpustakaan, dan observasi. Variabel yang digunakan adalah variabel terikat berupa kepuasan konsumen dan variabel bebas berupa kualitas produk dan harga produk. Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk dan harga produk bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Kantin 99 dengan koefisien determinasi sebesar 38,7%. Secara parsial, kualitas produk dan harga produk berpengaruh secara signifikan.