ANALISIS STUDI KELAYAKAN PENGEMBANGAN BISNIS TOKO RAJAWALI BAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah kegiatan pengembangan bisnis dari distributor marset menjadi bisnis toko Rajawali Ban berdasarkan aspek pemasaran, aspek hukum, aspek teknis, aspek sumber daya manusia, dan aspek keuangan layak dijalankan atau tidak. Toko Rajawali Ban ini bergerak di bidang penjualan ban truk golongan III dan IV, seperti dump truck, trailer, dan tronton. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, dengan metode pengumpulan data primer melalui wawancara dan observasi, sedangkan data sekunder diperoleh melalui buku-buku penunjang, Koran, dan BPS. Variabel yang diteliti meliputi aspek pemasaran, hukum, teknis, sumber daya manusia, dan keuangan. Produk yang ditawarkan adalah ban bias merek Bridgestone, Gajah Tunggal, dan Aeolus dengan strategi harga Mark-up Pricing sebesar 15%. Alat analisis kelayakan pada aspek keuangan menggunakan Payback Period, Net Present Value, Profitability Index, Internal Rate of Return, dan analisa skenario. Analisa skenario kondisi moderat memberikan hasil perhitungan NPV sebesar Rp708,738,697.92, PP adalah 1 tahun 7 bulan dan 10 hari, nilai PI adalah sebesar 5.0499, dan nilai IRR sebesar 93.7124%.

