PENGARUH HARGA DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA PRODUK CAMILAN INDONESIA
Abstract
Perkembangan teknologi saat ini mempengaruhi sistem perdagangan dan transaksi di dunia, salah satunya dalam bidang pemasaran. Saat ini pemasaran bisa dilakukan dengan menggunakan internet, seperti Online store. Online store adalah salah satu aplikasi dari business to consumer (B2C) yang menyediakan produk dan jasa melalui internet bagi konsumennya. Dalam melakukan kegiatan pembelian secara online banyak faktor yang harusdipertimbangkan dalam mengambil keputusan melakukan pembelian online. Faktor tersebut diantaranya harga dan kepercayaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga dan kepercayaan terhadap keputusan dalam melakukan pembelian online.Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan mengetahui ada tidaknya pengaruh harga dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian secara online konsumen Camilan-Indonesia. Penelitian ini menggunakan dua variabel bebas dan satu variabel terikat dimana harga (X1) dan kepercayaan (X2) merupakan variabel bebas dan keputusan pembelian (Y) merupakan variabel terikat. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian di Camilan-Indonesia. Dengan total populasi sebanyak 80 orang. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling. Dengan rumus Slovin, maka sampel yang diambil sebanyak 67 orang. Model analisis yang digunakan adalah model analisis Regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh harga dan kepercayaan secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian. Variabel yang paling dominan yaitu kepercayaan.

